Sabtu, 21 Juli 2007

Mengikuti Yesus : Pelayanan di PD St. Albertus Bekasi

Hari Senin, tanggal 16 Juli 2007 yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk melayani di PDPKK St. Albertus Bekasi. Sudah lima kali (setahun sekali) saya melayani di PD ini. Dua kali yang pertama masih di salah satu rumah warga di komplek Harapan Indah, sedangkan tiga tahun terakhir ini, acara PD diselenggarakan di lantai 2 suatu rumah makan yang memiliki ruangan cukup luas. Salah satu pengurus disana mengatakan umat yang hadir rata-rata sekitar 80 orang, padahal waktu pertama saya kesana hanya sekitar 40 orang. Dan yang mengagumkan ternyata PD St. Albertus dewasa telah berkembang, sehingga sekarang ada PD muda-mudi, dan juga PD Kids yang beranggotakan 63 anak mulai dari kelas 1 SD sampai 1 SMP. Anak-anak ini sebagian juga sudah mendapatkan karunia berbahasa Roh, karunia penglihatan dll. Wow . . . sungguh luar biasa Tuhan berkarya disini.

Materi renungan yang saya sampaikan mengambil tema “Mengikuti Yesus”, yang saya ambil dari Mat 4:18-22, yaitu tentang pemanggilan murid-murid pertama. Inti materi renungan yang saya sampaikan adalah sbb. :
- Dimana Yesus memanggil murid-murid pertama ?
- Mengapa di danau ? mengapa nelayan yang dipilih ?
- Ada berapa murid Yesus ? Siapa saja ?  lihat Mat 10:1-4
- Apa yang dilakukan murid ketika itu ?
- Bagaimana cara Yesus memanggil ?
- Apa tujuan Yesus memanggil mereka ?
- Bagaimana hasil panggilan Yesus ?
- Mengapa mereka langsung menanggapi panggilanNya ?

Saya juga melontarkan pertanyaan ”Mengapa murid-murid pertama ini menanggapi panggilan Yesus secara langsung, tanpa tanya-tanya dulu? Apakah mereka sudah mengenal Yesus ?”. Dari sini saya mengajak mereka untuk melihat perikop setara pada Lukas, yaitu Luk 5:1-11.
Di Lukas, ternyata beberapa perikop sebelumnya sudah lebih menceritakan tentang Yesus yang menyembuhkan orang-orang, termasuk mertua Petrus, dan Ia sudah mengajar di berbagai kota. Hal ini jelas menunjukkan bahwa para murid sudah mengenal, minimal mendengar kabar mengenai karya-karya yang telah Yesus lakukan.

Selain itu di Lukas 5:1-11, juga Yesus melakukan mujizat, yaitu memberi mereka tangkapan ikan yang berlimpah, walaupun sebelumnya telah semalam suntuk mereka tidak menangkap apa-apa.
Beberapa hal yang saya utarakan berkaitan dengan perikop ini adalah :
- Dengan percaya, maka kita akan diberi kelimpahan. Kalau begitu apakah dengan mengikuti Yesus, pasti kita menjadi kaya raya?
- Bila kita diberi kelimpahan, maka kita tidak boleh serakah. Lihat contoh para murid di ayat 6 dan 7.
- Mengapa Simon berkata ”aku ini seorang berdosa”?

Pada kesempatan ini sayapun memberi kesaksian bagaimana Tuhan Yesus sudah memanggil saya secara luar biasa, yang nanti saya akan postingkan secara khusus.
Terimakasih Tuhan, atas pengalaman melayani di PD St. Albertus Bekasi. Saya pulang kembali ke Bogor dengan sukacita bersama seorang teman Bunadi S.

Tidak ada komentar: