Selasa, 01 Januari 2008

Mengenal Karunia-Karunia Allah(4) : Karunia Mesianis vs Karunia Karismatis

Beberapa perbedaan antara karunia mesianis dan karunia karismatis adalah :

· Karunia mesianis hanya bermanfaat bagi sang penerima secara pribadi, sedangkan karunia karismatis bermanfaat bagi seluruh jemaat Allah.

· Karunia mesianis hanya dapat diterima melalui Sakramen Penguatan yang diberikan melalui Uskup, sedangkan karunia karismatis dapat diterima pada saat kita menerima Roh Kudus dalam diri kita masing-masing. Penerimaan Roh Kudus dapat dilakukan melalui Pembaptisan dalam Roh / Pencurahan Roh Kudus. Hal ini biasanya dilakukan dengan bantuan orang lain yang lebih senior dalam iman, yang mendoakan kita dengan cara penumpangan tangan.

· Dengan menerima karunia Mesianis kita siap untuk menjadi to be like Jesus, sedangkan dengan menerima karunia Karismatis, kita siap untuk menjadi to act like Jesus.

1 komentar:

skakaw mengatakan...

Shalom... saya tiba2 nemu blog anda dan mau komentar sedikit...

"...sedangkan karunia karismatis dapat diterima pada saat kita menerima Roh Kudus dalam diri kita masing-masing. Penerimaan Roh Kudus dapat dilakukan melalui Pembaptisan dalam Roh / Pencurahan Roh Kudus. Hal ini biasanya dilakukan dengan bantuan orang lain yang lebih senior dalam iman, yang mendoakan kita dengan cara penumpangan tangan."
-> Lhoh? Jadi saat pencurahan roh, kita menerima Roh Kudus dalam diri kita??? Bukannya pada saat kita dibabtis lah kita menerima Roh Kudus pertama kali dalam diri kita masing2 sekali dan selamanya???

"Dengan menerima karunia Mesianis kita siap untuk menjadi to be like Jesus, sedangkan dengan menerima karunia Karismatis, kita siap untuk menjadi to act like Jesus."
-> Hmm... jadi to act like Jesus, kita perlu mempunyai karunia2 karismatis??? Kalau gag punya, jadi gag bisa to act like Jesus dong???