Minggu, 06 Januari 2008

Knowing - Doing Gap


Pertengahan Desember 2007 yang lalu, waktu saya mengajar Knowledge Management untuk mahasiswa STIE Triguna Bogor, ada satu topik yaitu “Knowing – Doing Gap”, yang menyatakan bahwa pada umumnya walaupun perusahaan telah memiliki sumber informasi, tetapi yang dilakukannya adalah hal yang sebaliknya.

Waktu saya menjelaskan materi tersebut, tiba-tiba saya menjadi mengerti apa yang dimaksud dengan Rasul Paulus pada Roma 7:19, yang berbunyi : “Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.” Rasul Paulus tahu apa yang hendak ia lakukan, yaitu sesuai dengan perintah Tuhan. Tetapi ternyata seringkali yang ia lakukan adalah hal sebaliknya yang bertentangan dengan Firman Tuhan.

Hal inilah yang sering juga kita lakukan. Perintah Tuhan telah ada di kepala kita, yang melarang kita untuk berbuat jahat. Tetapi yang kita lakukan adalah hal sebaliknya, bukan perintah Tuhan yang kita ikuti, tetapi nafsu kedaginganlah yang kita lakukan.

Untuk itu marilah kita membuang gap antara yang kita lakukan dengan yang kita ketahui (knowing doing gap). Kalau kita tahu bahwa yang kita lakukan itu bertentangan dengan FirmanNya, maka janganlah kita tetap melakukannya, Marilah kita belajar untuk hidup suci, agar kita menjadi kudus dan layak untuk bersekutu denganNya di Surga.

Tidak ada komentar: