Selasa, 01 Januari 2008

Mengenal Karunia-Karunia Allah(1) : Peran Roh Kudus

Allah itu Maha Pengasih; Ia telah mengasihi manusia sejak awal mula penciptaan. Tetapi manusia pertama, Adam dan Hawa, jatuh ke dalam dosa, sehingga mereka diusir dari Taman Eden. Walaupun demikian Allah tetap mengasihi manusia, dan Ia ingin membina hubungan pribadi dengan setiap manusia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Ia mengutus PuteraNya yang terkasih, Yesus Kristus, ke dunia. Yesus rela menderita, di-ejek, dihina, bahkan sampai mati disalib, lalu bangkit untuk menyelamatkan kita semua.
Kedatangan, kematian dan kebangkitan Yesus ini sebenarnya merupakan karunia terbesar dari Allah bagi umat manusia, karena dengan hal tersebut manusia dilepaskan dari dosa, dan dipulihkan kembali hubungannya dengan Allah.
Setelah Yesus diangkat ke Surga, Ia mengutus Roh Kudus untuk menemani dan membimbing manusia di dunia, antara lain untuk mencapai suatu kehidupan baru. Roh Kudus adalah sumber hidup baru bagi manusia. Melalui Roh Kudus, manusia dapat menerima berbagai karunia dari Allah. Karunia-karunia tersebut secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Karunia Mesianis dan Karunia Karismatis.

Tidak ada komentar: