Senin, 16 Maret 2009

Perkembangan KEP dan SEP di Bogor Saat Ini

Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP)

Selain KEP yang diselenggarakan di berbagai paroki, BPK PKK Keuskupan Bogor pun tetap menyelenggarakan Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP) walaupun memang hanya sekitar tiga tahun sekali. SEP angkatan ke-3 diselenggarakan pada tahun 2005, dan angkatan ke-4 pada tahun 2008. 

Retret Pengutusan SEP angkatan ke-4 telah diselenggarakan pada tanggal 20-21 Desember 2008. Retret dibimbing oleh team pengajar BPK PKK Keuskupan Bogor yang terdiri dari Rm. Sumardiyo, Pr., D. Agus Goenawan, Alen, Adrianto, dan Roman Gintings, dengan materi The Images of Jesus. Pengutusan, seperti biasa, dilakukan langsung oleh Bapak Uskup Bogor pada akhir retret.
Pada saat retret pengutusan tersebut, Bapak Uskup telah menyetujui agar penyelenggaraan SEP mulai angkatan ke-5 diselenggarakan setiap tahun, tidak lagi tiga tahun sekali. Beliau pun berpesan agar SEP memiliki ciri khas yang berbeda dengan KEP di Paroki, dan ditujukan terutama untuk umat dari PDPKK.
Satu hal yang cukup dibanggakan pada alumni SEP ini adalah kebersamaan dan kontinuitas mereka untuk terus membangun kebersamaan; mereka selama tiga tahun ini terus berkumpul secara rutin setiap bulan. Dalam setiap pertemuan, yang diselenggarakan dari rumah ke rumah, mereka mengisinya juga dengan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Romo, pewarta awam, atau oleh para alumni SEP sendiri. Para alumni SEP kini sedang mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan SEP angkatan ke-5 untuk tahun 2009, dipimpin oleh Bpk Arief W. Prasetya selaku Ketua Panitia.

Perkembangan Yang Akan Datang

Pada tahun 2009 akan ada tambahan beberapa paroki yang akan menyusul menyelenggarakan KEP. Paroki Keluarga Kudus Cibinong dan Paroki St. Thomas Kelapa Dua telah memiliki jadwal penyelenggaraan, dan mudah-mudahan Paroki St. Petrus Sukabumi pun segera melaksanakannya.
Di Paroki Katedral Bogor, para alumni KEP yang berjumlah hampir 500 orang akan lebih diberdayakan. Mereka telah dikumpulkan beberapa kali, dan diberikan pengarahan oleh Rm. Alfons Sebatu, Pr., yang akan membentuk Lay Force.
Berdasarkan data yang ada, diperkirakan alumni KEP/SEP di Keuskupan Bogor berjumlah sekitar 1600 orang yang tersebar mulai dari Serang sampai Sukabumi. Jumlah alumni yang tidak tidak sedikit ini diharapkan dapat membuat Gereja Katolik, khususnya di Keuskupan Bogor, menggeliat dan tidak tidur lagi seperti yang dikatakan oleh George Gallup (1978).


Pengajar KEP/SEP

Untuk mengantisipasi bahwa akan semakin banyak paroki yang menyelenggarakan KEP, maka BPK PKK Keuskupan Bogor telah menyelenggarakan TC angkatan ke-2 pada tahun 2006. Dari 18 peserta TC, sembilan orang diantaranya telah diterjunkan sejak tahun 2007. Karena ada beberapa pengajar hasil TC angkatan pertama yang telah tidak aktif, maka pada saat ini terdapat 18 pengajar aktif, dan sembilan yang masih dalam pembinaan. 
Selain mengembangkan evangelisasi di Keuskupan Bogor, beberapa pengajar pun telah membantu penyelenggaraan KEP di keuskupan lain (melalui Badan Pelayanan Nasional / BPN), seperti Keuskupan Semarang, Palembang, Pontianak, Lampung, dan Bangka Belitung.


Penutup

Kiranya dengan dukungan Uskup Bogor serta Moderator BPK PKK Keuskupan Bogor : Rm. Sumardiyo, Pr., maka program evangelisasi di Keuskupan Bogor dapat lebih berkembang lagi. Diharapkan pada tahun-tahun selanjutnya lebih banyak lagi paroki yang menyelenggarakan KEP. Demikian juga dengan para alumni KEP dan SEP agar dapat lebih memberdayakan diri untuk membantu perkembangan umat di lingkungan dan parokinya.
Kiranya Roh Kudus terus membakar semangat kita bersama, sehingga program Evengelisasi di Keuskupan Bogor, dan juga di seluruh Indonesia, boleh semakin bersinar untuk membangun Gereja Katolik. Amin.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

[url=http://vioperdosas.net/][img]http://sapresodas.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]xp oem software, [url=http://vioperdosas.net/]to buy oem software[/url]
[url=http://vioperdosas.net/]does software update store[/url] Mac WinZip nero recode
autocad torrent [url=http://sapresodas.net/]microsoft office military discount[/url] adobe acrobat pro 8 trial serial
[url=http://sapresodas.net/]buy cheap software com[/url] sell second hand software
[url=http://sapresodas.net/]cheap software on[/url] portable acdsee
discount software for you [url=http://sapresodas.net/]buy pocket pc software[/url][/b]