Senin, 16 Maret 2009

Apa Itu KEP ?

(http://www.santamaria.or.id/liputan_khusus/apa_itu_kep)

Belakangan ini kita semakin terbiasa mendengar KEP, KEP dan KEP. Apakah itu KEP sebenarnya? Oleh dan untuk siapakah KEP itu? KEP adalah singkatan dari Kelas Evangelisasi Pribadi Awal mula terbentuknya KEP adalah suatu hasrat akan pendalaman penginjilan Katolik.
Buku Misi Evangelisasi diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada keluarga pembaharuan karismatik katolik oleh Rm. L. Sugiri van den Heuvel SJ, setelah beliau sendiri mengikuti kursus tersebut di Amerika pada tahun 1986. Kala itu beliau bertugas sebagai Moderator Pembaharuan Karismatik Katolik KAJ. Sekembalinya ke Jakarta, beliau membentuk team untuk menerjemahkan materi kursus ke dalam bahasa Indonesia. Pada tahun 1988 dimulailah Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP) angkatan pertama di Gedung Shekinah, yang diselenggarakan 3 kali seminggu selama 4 bulan penuh. Kata "pribadi" bermaksud menerangkan bahwa sekolah ini ingin mempersiapkan para peserta untuk menjadi orang yang pertama-tama belajar menginjili diri sendiri terlebih dahulu dan kemudian berbagi Kabar Baik dengan sesama secara orang per orang "person to person" atau "face to face", BUKAN untuk menjadi guru agama atau pewarta mimbar (pengkotbah). 

Sejak tahun 1990 SEP Shekinah melayani juga permintaan serupa dari paroki-paroki di KAJ dan di Keuskupan lain seperti Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang,
Palembang, Makasar, Pontianak, Flores. Sampai tahun 2008 ini SEP Shekinah telah bekerja sama dengan 46 paroki di KAJ yang pada umumnya menyelenggarakan Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) secara teratur setahun sekali. Dalam kerja sama ini SEP Shekinah diberi kepercayaan untuk: 
-  Menyediakan materi pengajaran.
-  Mengutus tenaga-tenaga pengajar. 
-  Mendampingi Retret Pengutusan.
-  Bersama panitia setempat melaksanakan evaluasi dan merundingkan kelulusan peserta.
-  Mengeluarkan sertifikat kelulusan.

Visi dan Misi KEP SHEKINAH 

VISI : 
Mengambil bagian dalam tugas dan panggilan Gereja untuk mengembangkan dan menggiatkan kerasulan awam, dengan orientasi pada penginjilan, pengudusan dan pembaharuan tata dunia.


MISI : 
Menyediakan kursus-kursus pembinaan kerasulan awam, guna memperdalam wawasan dan semangat umat sebagai pembawa Kabar Baik bagi diri sendiri dan bagi sesama. Membantu peserta kursus dan umat yang dilayani untuk mengalami pendalaman hidup doa, Sabda Tuhan, sakramen-sakramen dan kesaksian hidup kristiani yang otentik, sehingga dapat turut serta menghidupi persekutuan umat beriman dan pelayanan-pelayanan dalam kuasa Roh Kudus.


Materi dan Kurikulum

Program ini meliputi materi pelajaran sebagai MISI EVANGELISASI, yaitu: 
1. Introduksi
2. Apa itu Evangelisasi?
3. Perkembangan Iman
4. Kerajaan Allah & Keselamatan
5. Berteman
6. Sharing Iman
7. Kisah Kristus & Penyajian Injil
8. Ajakan Bertobat
9. Integrasi ke Dalam Komunitas
10.Orientasi Kunjungan Rumah
11. Evaluasi Kunjungan Rumah

Kursus evangelisasi pribadi atau biasa disingkat dengan KEP adalah salah satu sarana yang dapat dipakai untuk menjawab kebutuhan Gereja akan pemberdayaan dan pengembangan kerasulan awam yang berorientasi pada penginjilan, pengudusan dan pembaharuan tata dunia (Dekrit Kerasulan Awam No 2 & 6 tentang misi Gereja).

Apa tujuan KEP ?

KEP bertujuan pertama-tama membantu perserta kursus dan umat yang dilayani untuk mengalami pendalaman hidup doa, firman Tuhan, kecintaan akan Sakramen-sakramen Gereja, pengertian akan ajaran-ajaran Gereja Katolik (Dogma) serta cara penyampaian kesaksian hidup kristiani yang otentik. 

Kedua, KEP mempersiapkan peserta untuk menjadi orang yang pertama-tama belajar menginjil diri sendiri baru kemudian berbagi kabar baik dengan sesama secara person to person (orang per orang), bukan menjadi perwarta mimbar atau guru agama. 

Ketiga, KEP memperdalam wawasan dan menambah semangat umat sebagai pembawa kabar baik bagi diri sendiri dan sesama.
Mereka yang telah mengikuti KEP akan disebut "Evangelizer" yaitu orang yang membawa kabar gembira dengan cara memberi kesaksian, yaitu mensharingkan (membagikan) pengalamannya ketika secara pribadi dihidupi dan dijiwai Sabda Allah. Tapi patut dicatat bahwa Evangelizer tidak "menginjili" sesama.

(Dari berbagai sumber-Andre)

5 komentar:

myheart1978 mengatakan...

trimakasih atas blog ini pak, saya tinggal di pontianak, saya merasa diberkati dg membaca blog bapak. Saya sgt rindu utk bisa memiliki buku "materi kursus evangelisasi pribadi" utk diri dan teman2, di mana saya bisa mendapatkannya yah? apakah bpk bisa memberikan infonya? thanx atas bantuan bapak, gb!

OneDreams Randakila mengatakan...

Dear. Kalimat terakhir tidak menginjili sesama. Maksudnya gmn ya.?

Unknown mengatakan...

yg di maksut tdk menginjili"
karena mereka tdk bisa di sebut pewarta injil, hanya boleh menceeitakan pengalaman peibadi selama ikut kep

Unknown mengatakan...

semenjak thn 1988 sy berharap semua umat katolik bisa ikut KEP semua tujuannya minimal utk mengenal siapa diri saya' dan saya harus berbuat apa
terhadap Lingkungan Wilayah dan Paroki saya.

Unknown mengatakan...

trima kasih...jadi tahu apa itu KEP...